بِسْÙ…ِ اللَّÙ‡ِ تَÙˆَÙƒَّÙ„ْتُ عَÙ„َÙ‰ اللَّÙ‡ِ، Ù„َا ØَÙˆْÙ„َ ÙˆَÙ„َا Ù‚ُÙˆَّØ©َ Ø¥ِÙ„َّا بِاللَّÙ‡ِ
BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH
“Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”
doa naik kendaraan, hanya boleh dibaca 1x ketika sudah naik/nyengklak di kendaraan.
1. naik kendaraan darat =>> (43) az zukhruf : 13-14.
سُبْØَانَ الَّØ°ِÙŠ سَØ®َّرَ Ù„َÙ†َا Ù‡َØ°َا ÙˆَÙ…َا ÙƒُÙ†َّا Ù„َÙ‡ُ Ù…ُÙ‚ْرِÙ†ِينَ (١٣)
(43) : 13. "Maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi Kami Padahal Kami sebelumnya tidak mampu menguasainya,
ÙˆَØ¥ِÙ†َّا Ø¥ِÙ„َÙ‰ رَبِّÙ†َا Ù„َÙ…ُÙ†ْÙ‚َÙ„ِبُونَ (١٤)
(43) : 14. dan Sesungguhnya Kami akan kembali kepada Tuhan kami".
2. naik kendaraan laut dan udara =>> (11) hud : 41
بِسْÙ…ِ اللَّÙ‡ِ Ù…َجْرَاهَا ÙˆَÙ…ُرْسَاهَا (٤١)
1. sumber : kabarpenumpang.com
Lokomotif DH CC300 adalah hasil pengembangan yang dilakukan oleh PT INKA, menanggapi permintaan dari Direktorat Jendral Perkeretaapian Kementerian Perhubungan pada tahun 2009 lalu. Diketahui, Lokomotif CC 300 merupakan salah satu lokomotif diesel hidraulik di Indonesia yang digunakan khusus untuk keperluan dinas Ditjen Perkeretaapian.
Walaupun lokomotif ini menggunakan mesin diesel milik salah satu perusahaan multinasional Amerika, Caterpillar, desain dan integrasi sistemnya murni hasil pemikiran insinyur Indonesia.
Lokomotif dengan panjang 14,1 meter, lebar 2,6 meter, tinggi 3,6 meter, dan berat 84 ton ini dapat berlari di kecepatan maksimal 120 km per jam.
Daya mesin dari Lokomotif CH CC300 ini adalah 2500 HorsePower (HP) dan memiliki gaya traksi sebesar 270 kN pada saat lokomotif mulai bergerak dari keadaan berhenti total.
Dengan begitu, Lokomotif CC300 memiliki daya mesin yang lebih besar dari pesaingnya kala itu, CC206 buatan General Electric.
Lokomotif dengan panjang 14,1 meter, lebar 2,6 meter, tinggi 3,6 meter, dan berat 84 ton ini dapat berlari di kecepatan maksimal 120 km per jam.
Daya mesin dari Lokomotif CH CC300 ini adalah 2500 HorsePower (HP) dan memiliki gaya traksi sebesar 270 kN pada saat lokomotif mulai bergerak dari keadaan berhenti total.
Dengan begitu, Lokomotif CC300 memiliki daya mesin yang lebih besar dari pesaingnya kala itu, CC206 buatan General Electric.
Tidak heran jika lokomotif dengan lebar gauge 1.067 mm dan menggunakan mesin diesel Caterpillar tipe 3512B HD ini pertama kali dioperasikan di wilayah Sumatera. Di sini, kereta api banyak digunakan untuk mengangkut hasil tambang, seperti batu bara dan lain-lain. Lokomotif ini diketahui dapat menarik 15 hingga 30 gerbong sekaligus.
Kelebihan lain dari lokomotif ini adalah desainnya yang memungkinkan untuk menerjang banjir. Lokomotif DH CC300 memiliki sistem kelistrikan terintegrasi dengan penggerak diesel hidrolik yang diletakkan di bagian atas lokomotif, sehingga memungkinkan kereta tetap melaju walau kondisi rel tergenang banjir setinggi 1 meter.
Inilah yang menjadi keunggulan yang ditawarkan oleh PT INKA jika dibandingkan dengan lokomotif sejenis buatan General Electric (GE), Amerika Serikat. Ketika lokomotif buatan GE menerjang banjir, tidak menutup kemungkinan akan terjadi korsleting karena sistem kelistrikan lokomotif asal Negeri Adikuasa ini terletak di bagian bawah.
Berbeda dengan lokomotif lainnya, lokomotif berbahan bakar high-speed diesel ini sudah dilengkapi dengan genset di dalamnya, sehingga tidak perlu lagi menarik 1 gerbong khusus untuk genset (gerbong genser) yang biasa kita lihat di kereta penumpang diesel pada umumnya. Genset ini nanti berfungsi untuk membangkitkan fasilitas elektronik di dalam kereta, seperti penerangan dan AC.
Lokomotif dengan kapasitas bahan bakar 3.800 liter ini juga dilengkapi dengan kamera monitor pengintai. Kamera ini diletakkan di sisi kanan dan kiri lokomotif.
Penambahan kamera ini tentunya akan membantu tugas Masinis untuk mengawasi keadaan penumpang di belakangnya tanpa perlu harus menengok ke belakang. Masinis cukup melihat dari layar monitor yang terdapat di dalam kabin.
Penambahan kamera ini tentunya akan membantu tugas Masinis untuk mengawasi keadaan penumpang di belakangnya tanpa perlu harus menengok ke belakang. Masinis cukup melihat dari layar monitor yang terdapat di dalam kabin.
Untuk kandungan komponen di dalam lokomotif, Direktur Produksi PT INKA, Hendy Hendratno Adji mengaku ada komponen yang harus didatangkan dari luar negeri seperti mesin penggerak (propulsi).
Meski mengimpor mesin propulsi, INKA sendiri yang menentukan spesifikasi dan jenisnya. “Untuk komponen propulsi, kita memang masih beli dari luar negeri, tapi pemilihan komponen tersebut kita cari dan sesuaikan dengan hasil rancangan kita sendiri,” ujarnya.
Sampai saat ini PT INKA telah memproduksi lima unit lokomotif CC300 pesanan Kemenhub.
Meski mengimpor mesin propulsi, INKA sendiri yang menentukan spesifikasi dan jenisnya. “Untuk komponen propulsi, kita memang masih beli dari luar negeri, tapi pemilihan komponen tersebut kita cari dan sesuaikan dengan hasil rancangan kita sendiri,” ujarnya.
Sampai saat ini PT INKA telah memproduksi lima unit lokomotif CC300 pesanan Kemenhub.
2. sumber : kereta-api.info
Lokomotif kereta api berkode CC 300 ini adalah lokomotif buatan PT Industri Kereta Api (INKA) yang bermarkas di Madiun – Jawa Timur. Sejak diluncurkan pada 20 Mei 2013 lalu, lokomotif ini berhasil menjadi lokomotif pertama di dunia yang memanfaatkan teknologi anti banjir.
Ide pembuatan lokomotif ini berawal ketika INKA memperoleh pesan dari Kementerian Perhubungan untuk memproduksi lokomotif yang khusus dirancang untuk menghadapi situasi banjir yang seringkali terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Pengembangan CC 300 sendiri sebenarnya saudah dilakukan sejak tahun 2009.
Ide pembuatan lokomotif ini berawal ketika INKA memperoleh pesan dari Kementerian Perhubungan untuk memproduksi lokomotif yang khusus dirancang untuk menghadapi situasi banjir yang seringkali terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Pengembangan CC 300 sendiri sebenarnya saudah dilakukan sejak tahun 2009.
Lokomotif kereta berwarna merah menyala ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan lokomotif lain yang telah terlebih dulu digunakan. Beberapa keunggulan lokomotif CC 300 ini antara lain adalah,
Anti Mogok saat Banjir
Lokomotif ini didesain agar tetap dapat melaju meski dalam keadaan banjir. CC 300 memiliki sistem kelistrikan terintegrasi dengan penggerak diesel hidrolik yang diletakkan di bagian atas lokomotif, sehingga kereta tetap dapat melaju meski rel tergenang air setinggi 1 meter.
Keunggulan ini tidak ditemukan pada lokomotif sejenis buatan General Electric (GE) buatan Amerika Serikat yang sebelumnya digunakan, karena sistem kelistrikannya terletak di bagian bawah sehingga memungkinkan terjadinya kongslet ketika terkena banjir.
Spesifikasi Mesin lebih Handal
Lokomotif ini berukuran panjang 19 meter, lebar 2,642 meter, dan memiliki berat sekitar 90 ton.
Laju dengan kecepatan maksimalnya menyentuh 120 km/jam dengan power output 2500 HP dan memiliki traction effort sebesar 270 kN untuk mode starting. Mesin lokomotif menggunakan mesin diesel Caterpillar dengan transmisi hidrolik Voith Turbo Transmission L620reU2.
Sistem pengereman lokomotif menggunakan produk dari Wabtec dengan master controller memanfaatkan produk Woojin dari Korea Selatan. Satu hal yang disayangkan, perangkat mesinnya masih belum bisa diproduksi sendiri oleh PT INKA maupun Indonesia, karena semuanya di impor.
Built-in Genset
Lokomotif ini sudah dilengkapi genset di dalamnya, sehingga tidak perlu lagi menarik 1 gerbong khusus untuk genset seperti yang biasa dilakukan pada di kereta penumpang diesel umumnya.
Diesel ini nantinya berfungsi untuk membangkitkan fasilitas elektronik di dalam kereta seperti fasilitas penerangan (lampu) dan penyejuk udara (AC).
Double Cabin
Lokomotif ini memiliki 2 kabin yang masing-masing berada di bagian depan dan belakang lokomotif. Di samping itu, masinis kini tidak perlu lagi memanjat keluar untuk berpindah kabin, karena ditempatkan penghubung atau sejenis ruangan kecil yang berfungsi menyambungkan antar kabin. Kelebihan ini juga tak ditemukan pada lokomotif sejenis buatan GE.
Dilengkapi dengan Kamera Monitor
Lokomotif ini di dalamnya dilengkapi dengan kamera monitor pengintai. Kamera ini diletakkan di sisi kanan dan kiri lokomotif. Penambahan kamera ini tentunya akan membantu tugas Masinis untuk mengawasi keadaan penumpang di belakangnya tanpa perlu harus menegok ke belakang. Masinis cukup melihat dari layar monitor yang terdapat di dalam kabin.
Spesifikasi Teknis CC300 (sumber PT INKA) | |
Lebar sepur | 1067mm (narrow gauge) |
Berat maksimum | 84 ton |
Beban gandar (axle load) | 14 ton |
Traksi maksimum | 270 kN |
Panjang lokomotif | 14.135mm |
Lebar lokomotif | 2.642mm |
Tinggi lokomotif | 3.575mm |
Kecepatan maksimum | 120km/jam |
Kapasitas tangki bahan bakar | 3800 liter |
Transmisi | Hydrodinamik, merek Voith |
Susunan roda | C-C, terhubung |
Mesin | 45″ V-6, 4-stroke cycle Turbocharged and aftercooled 1700 KW @ 1800 rpm |
Komponen udara | Compressor Type 2 stage, air cooling, Reciprocrating Kapasitas 600L/menit |
Pengereman | Pneumatic clasp brake, high mounted cylinders |
Alokasi CC300 di Indonesia per November 2017 (sumber PT INKA) | |
CC300 12 01 | INKA Madiun |
CC300 12 02 | INKA Madiun |
CC300 12 03 | INKA Madiun |
CC300 14 01 | Medan |
CC300 14 02 | Palembang |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar