Hatiku Surgaku Rumahku Surgaku

Kamis, 09 Januari 2020

api sejarah

usaha para ulama untuk mempersatukan umat islam.

dulu, para ustad dan kiai pun mengadakan pertemuan untuk menyatukan gerak langkah perjuangan dakwah Islam.

pada tanggal 12 s/d 15 Rajab 1356 H atau Sabtu Legi 18 s/d Selasa Wage 21 September 1937 M para ustad dan kyai (KH Mas Mansyur - Muhammadiyah, KH Mahfoed Shiddiq - Nahdlatul Ulama, KH A Hassan - Persis, KH Bahasoen - Al Irsyad, dll) mengadakan pertemuan di Musholla Pondok Pesantren Kebon Dalem Surabaya. (buku Api Sejarah hal. 557 s/ 568).


buku : api sejarah jilid 1 dan jilid 2

karya : Prof. Ahmad Mansur Suryanegara

Judul Buku : Api Sejarah 1 & 2

Penulis: Prof. Ahmad Mansur Surya Negara

Penerbit : Salamandani Publishing

Jalan Pasirwangi I No 3 Pasirluyu, Bandung

atau

PT Grafindo Media Pratama

Jl. Pasirwangi No.1 Pasirluyu Soekarno Hatta- Bandung 40254

Telp : (022) 5222052

WA : 08587-1120-892 (Fadlan)

Jam Layanan : Senin – Jumat: 08.00 – 17.00 WIB

Resensi Buku : API Sejarah , Kini Hadir Kembali dalam Hardcover

klik era muslim

Buku Api Sejarah merupakan buku national Best Seller karya Prof. Ahmad Mansur Surya Negara yang mengungkap semua fakta yang tersembunyi dan disembunyikan tentang mahakarya Ulama dan Santri dalam menegakkan NKRI.

Buku yang sungguh berani ini pernah dinyatakan hilang dan terancam tidak jadi terbit ketika draft naskahnya “dicuri” oleh “peminjam tanpa permisi” saat seminar Api Sejarah di Gedung Juang 45, Pemerintah Kotamadya Sukabumi.

Sejarah memang sarat dengan kepentingan. Itu sebabnya, kesadaran sejarah dikalangan umat islam sangat rendah. Padahal, dahulu kita memiliki sejarawan-sejarawan unggul: Thabari, Mas’udi, Ibnu Hisyam, Ibnu al-Atsir, Ibnu Khaldun, dan masih banyak lagi. Karena itu, buku yang ditulis Prof. Ahmad Mansur Suryanegara ini sangat berharga untuk menjernihkan sejarah. Semoga banyak lagi sejarawan Islam yang memiliki kepedulian seperti beliau.

Benarkah Kapitan Pattimura dan Sisingamangaraja XII adalah seorang Muslim yang berjuang atas nama jihad fi sabilillah? Apakah benar RA Kartini berjuang mengatasnamakan perempuan Muslimah dengan spirit Al-Qur’an? Tepatkah hari lahir Ki Hadjar Dewantoro dijadikan sebagai Hari Pendidikan Nasional? Apakah benar Boedi Oetomo tidak menghendaki persatuan bangsa Indonesia dan tidak mencita-citakan kemerdekaan Indonesia? Benarkah bukti yang menyatakan bahwa para petinggi Boedi Oetomo kerap menghina dan melecehkan Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam dalam pertemuan-pertemuan mereka?

Kita perlu membaca sejarah dan belajar dari sejarah. Buku API SEJARAH karya Prof. Ahmad Mansur Suryanegara sarat dengan informasi dan keteladanan dari para pejuang Muslim yang terdahulu. Buku ini baik sekali untuk dibaca dan sejarah para pejuang didalamnya sangat bermanfaat untuk diteladani oleh mereka yang masih memiliki “API” perjuangan.

Mengupas Isi Buku Api Sejarah

31 Desember 2009   03:12 Diperbarui: 26 Juni 2015   18:42

klik kompasiana

TULISAN ini bermula dari sebuah diskusi tentang buku Api Sejarah (jilid 1) karya Ahmad Mansur Suryanegara yang terbit 2009 oleh Salamadani Publishing. Saya dan teman di milis altanwir@yahoogroups.com kemudian mendiskusikannya kembali.

Dari diskusi itu kemudian melebar ke hal yang bersifat ideologis dan metodologi sejarah. Salah satu pembahasan yang menjadi perbincangan adalah mengenai komentar salah seorang alumni S2 (Sejarah) Universitas Indonesia, Depok, yang menyebutkan bahwa Api Sejarah merupakan historigrafi Islam Indonesia yang bisa disebut utuh. Bahkan, ia juga menyayangkan buku tersebut tidak muncul dari sejarawan lulusan UIN atau dosen sejarah di perguruan tinggi Islam, malah lahir dari dosen sejarah Universitas Padjajaran Bandung yang disebutnya sekuler.

Bahkan, beliau juga memberikan sejumlah kritik terhadap pola pengajaran dan kurikulum jurusan sejarah di UIN yang dinilainya mengekor pada Barat. Menurutnya, jurusan sejarah (Sejarah Peradaban Islam atau SPI) UIN tidak memberikan pendidikan sejarah yang kritis terhadap sejarah Islam, khususnya periode akhir Khulafa Ar-Rasyidin.

Hanya menampilkan sisi konflik ketimbang sisi kedamaian dan ukhuwah. Karena itu, menurutnya, sambil menyetujui/membenarkan buku Pak Mansur, bahwa sangat tidak mungkin terjadi konflik dalam Islam seperti Perang Jamal, Perang Nahrawan, Perang Siffin, dan lainnya karena yang menulis tentang semua itu sumbernya datang dari Barat dan Yahudi. Mereka tidak senang pada Islam sehingga sejarah Islam yang disebarkan harus membuat umat Islam rendah diri dan tidak bangga dengan kebesaran Islam.

Dalam milis tersebut kemudian saya beri tanggapan seadanya. Maklum saya bukan ahli sejarah (meskipun kuliahnya di jurusan SPI UIN Bandung). Saya hanya mengomentari bahwa sebenarnya sudah ada beberapa karya yang ditulis para alumni dan dosen UIN.

Namun, khusus seperti buku Pak Mansur yang lebih mengedepankan dakwah dan membanguskan citra Islam, tetapi kurang kritis dari segi peristiwa atau tema sejarah yg diambil, atau hanya mengandandalkan sekadar interpretasi subjektif tanpa didukung fakta dan data yang komplet, saya kira alumni dan dosen SPI tidak akan melakukannya.

Meskipun kita semua Muslim, tetapi tetap saja dalam urusan ilmu pengetahuan dan keilmuan harus berpijak pada standar keilmuan. Apalagi sejarah, memiliki metodologi tersendiri. Jika sekadar pengayaan wacana, mungkin interpretasi Pak Mansur bisa masuk. Akan tetapi, jika berbicara sejarah, saya menyangsikan kebenarannya.

Bagi saya, pernyataan dari kawan di milis itu sebuah bukti masih bercokolnya paradigma hitam putih atau pemisahan antara Islam dan bukan Islam. Jika kita mau melirik sebentar ke khazanah filsafat yang dikeluarkan para filsuf Muslim, misalnya Farabi, Ibnu Sina, dan Ibnu Arabi, sangat tampak tentang kesatuan wilayah. Khususnya pandangan kosmologi Farabi bahwa semuanya berasal dari satu sumber: Tuhan.

Dari yang satu itu kemudian memancar dan melahirkan keanekaragaman. Intinya, dalam wilayah keilmuan, unsur ideologis dan sebjektif perlu untuk sekadar dilepas sementara sebelum menemukan titik kebenaran.

Urusan sejarah dan berkarya, saya kira jika mau didata akan tampak lebih banyak karya-karya yang dihasilkan teman-teman UIN/IAIN, ketimbang lainnya. Buku yang bernuansa ideologis dan sekadar bermuatan dakwah, bisa saja lahir dari orang yang bukan yang bergelut dari sejarah.

Saya teringat pada hadits dan tafsir bahwa di dalamnya terdapat aturan yang jelas dengan metodologi yang khusus berkaitan dengan ilmu tersebut. Apalagi sejarah, saya kirakarya Rasul Ja`farian, Marshal GS Hodgson, Ira M.Lapidus, dan sejarawan ternama lainnya sudah sesuai dengan metodologi sejarah.

Nah, di sini yang perlu dipertanyakan: sudah adakah dalam Islam atau kaum Muslim atau sejarawan Muslim memiliki metodologi sejarah dan historiografi khas Islam?

Apakah penulisan sejarah dan metode yang digunakan Pak Mansur selama ini bisa disebut mewakili khas Islam?

Bukankah beberapa nama sejarawan di Indonesia jika diihat dari KTP tertera beragama Islam.

Adapun tentang "sangat tidak mungkin terjadi konflik dalam Islam seperti Perang Jamal, Perang Nahrawan, Perang Siffin, dan lainnya".

Bagi saya kalimat tersebut secara ekstrem bisa dikatakan tidak mengakui keabsahan karya sejarah yang ditulis Ibnu Khaldun, Ibnu Jarir Ath-Thabary, Al-Mas`udi, Ibnu Hisyam, Muhammad bin Abdul Karim Ahmad Al-Syahrastani, Muhammad Husein Haikal, Rasul Ja`farian, Syed Mahmudunnasir, Ali bin Muhammad bin Atsir yg menulis kitab Al-Kamil fi Al-Tarikh, Maqatil bin Athiyah Al-Hanafi yang menulis kitab Al-Imamah wa Al-Khilafah,Ibnu Saâad Al-Waqidi yang menulis Ath-Thabaqat Al-Kubra, Abdul Fattah Abdul Maqshud yg menulis kitab As-Saqifah wa Al-Khilafah, Ahmad bin Abi Yaqub Al-Yaqubi yang menulis kitab Tarikh Yaqubi, atau para muhadits dan mufasir yang banyak meriwayatkan tentang kejadian yang berhubungan dengan sejarah masa Rasulullah saw dan perilaku sahabat pasca Rasulullah saw.

Saya yakin bahwa hampir semua sejarah Islam dan Peradaban Islam yang sampai pada kita dan diajarkan di jurusan SPI berasal dari dari sana. Saya yakin mereka semua dalam menulisnya pun berdasarkan sumber yang valid, bukan diada-adakan atau dibuat-buat.

Unsur keberpihakan politik atau teologi atau mazhab, pasti ada dan itu wajar. Sekali lagi: haruskah kita membuang semua karya para muarikh atau muhadits atau mufasir hanya sekedar untuk membenarkan pernyataan Pak Mansur yang termuat dalam buku Api Sejarah dan Menemukan Sejarah, khususnya masalah sejarah Islam perode khulafarasyidun dan setelahnya; yang katanya berasal dari atau diciptakan Barat untuk membuat Islam itu horor dan tidak membanggakan generasinya.

Jika sekadar ingin menampilkan Islam yang jaya: buatlah sejarah Islam yang diambilnya hal-hal yang bagus dan membanggakan. Jika tidak ada sumbernya, karang atau ciptakan dari imajinasi sendiri. Nah, saya kira imajinasi adalah sumber yang tak pernah kering dan itu bukan karya sejarah namanya: novel atau pencerahan jika mengandung ilmu dan mencerahkan akal dan hati.

*

doa

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allaahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’a wa rizqon thoyyibaa wa ‘amalan mutaqobbalaa] “Ya Allah, aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang thoyyib dan amalan yang diterima” 

(HR. Ibnu Majah no. 925, shahih)

Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda:

عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثَةِ: إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

"Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim).

surat 20 Ta-Ha ayat 114

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

وَقُل رَّبِّ زِدْنِى عِلْمًا

katakanlah, "Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku."

Dalam sebuah hadits di sebutkan ;

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ جَاءَهُ أَجَلُهُ وَهُوَ يَطْلُبُ الْعِلْم لَقِىَ اللَّهُ وَلَمْ يَكُنْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ النَّبِيِّيْنَ إِلَّا دَرَجَةُ النُّبُوَّةِ.

Rasulullah SAW. bersabda, “Barangsiapa yang kedatangan ajal, sedang ia masih menuntut ilmu, maka ia akan bertemu dengan Allah di mana tidak ada jarak antara dia dan antara para Nabi, kecuali satu derajat kenabian.” (HR. Thabarani)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِى هَذَا وَمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِ الأَقْصَى

“Janganlah bersengaja melakukan perjalanan dengan sengaja (dalam rangka ibadah dan tujuan safarnya adalah tempatnya) kecuali ke tiga masjid: masjidku ini (masjid Nabawi), masjidil Haram dan Masjidil Aqsha.” (HR. Bukhari, no. 1189 dan Muslim, no. 1397).

Dari ‘Umar bin Al Khottob, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ ، وَإِنَّمَا لاِمْرِئٍ مَا نَوَى ، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا ، فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

“Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, mkaa hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju.” (HR. Bukhari no. 1 dan Muslim no. 1907).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ، ﻗﺎﻝ: «ﺇﻥ اﻹﻳﻤﺎﻥ ﻟﻴﺄﺭﺯ ﺇﻟﻰ اﻟﻤﺪﻳﻨﺔ ﻛﻤﺎ ﺗﺄﺭﺯ اﻟﺤﻴﺔ ﺇﻟﻰ ﺟﺤﺮﻫﺎ»

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam: "Sesungguhnya iman akan berkumpul di Madinah, seperti ular berkumpul di dalam lubangnya" (HR Bukhari Bab Fadlail Madinah)

*




 *


Xxxx

Xxxx

Xxxx

Xxxx

Xxxx

Xxxx

Xxxx

Xxxx

Xxxx

xxx

xxx

Xxxx

Xxxx

xxx

Xxxx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar