klik sayangi bumi maka akan disayang langitan

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا أَهْلَ الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ

(HR. Abu Dawud, dinyatakan sahih oleh al-Albani)

*

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

surat (30) ar rum ayat 41

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ (٤١)

surat (5) al maa'idah ayat 32

مِنْ اَجْلِ ذٰلِكَ ۛ كَتَبْنَا عَلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَنَّهٗ مَنْ قَتَلَ نَفْسًاۢ بِغَيْرِ نَفْسٍ اَوْ فَسَادٍ فِى الْاَرْضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَمَنْ اَحْيَاهَا فَكَاَنَّمَآ اَحْيَا النَّاسَ جَمِيْعًا ۗوَلَقَدْ جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنٰتِ ثُمَّ اِنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ بَعْدَ ذٰلِكَ فِى الْاَرْضِ لَمُسْرِفُوْنَ (٣٢)

surat 4 An Nisa' ayat 114

لَّا خَيْرَ فِى كَثِيرٍ مِّنْ نَّجْوٰىهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلٰحٍۢ بَيْنَ النَّاسِ  ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذٰلِكَ ابْتِغَآءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

surat 3 Āli 'Imrān ayat 104

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

*

klik nasehat

klik emak

*

Selasa, 27 Februari 2018

trukmania indonesia



doa keluar rumah :
بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

“Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”


doa naik kendaraan, hanya boleh dibaca 1x ketika sudah naik/nyengklak di kendaraan.

1. naik kendaraan darat =>> (43) az zukhruf : 13-14.


سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ (١٣)

(43) : 13. "Maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi Kami Padahal Kami sebelumnya tidak mampu menguasainya,

وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ (١٤)

(43) : 14. dan Sesungguhnya Kami akan kembali kepada Tuhan kami".

2. naik kendaraan laut dan udara =>> (11) hud : 41

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا (٤١)


(11) : 41. "dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya." 

berikut adalah beberapa merk truk yang ada di indonesia.

lihat juga cng converter kit, klik disini

lihat juga kenapa bang toyib gak pulang2, klik disini

Senin, 26 Februari 2018

cara cek registrasi kartu prabayar

1. klik Telkomsel

2. klik Indosat: 

via SMS dengan format: INFO#NIK kirim ke 4444 atau INFO#MSISDN kirim ke 4444,

3. Xl Axiata:

via USSD dengan format: *123*4444#

4. klik Hutchison Tri (3)

5. klik Smartfren

6. klik Net1 dari Sampurna Telekomunikasi atau STI

Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Prabayar via SMS

Kamu hanya perlu mengirimkan SMS ke nomor operator kartu. 
Hanya saja kamu harus menyertakan nomor KTP (16 digit) dan nomor induk kependudukan (16 digit). 
Lalu kamu mengirim SMS ke nomor 4444.
Berikut ini cara registrasi ulang kartu SIM prabayar untuk semua operator via SMS bagi pelanggan baru dan pelanggan lama.

Registrasi bagi Pelanggan Lama

Tata cara registrasi ulang via SMS bagi pelanggan lama dengan format sebagai berikut:
1. Indosat, Smartfren, dan Tri
Ketik SMS: ULANG#NIK#NomorKK#
Contoh: ULANG#1234567891011134#5566778899110022. Lalu SMS kirim ke nomor 4444
2. XL Axiata
ULANG#NIK#NomorKK
3. Telkomsel & Simpati
ULANG(spasi)NIK#NomorKK#
Selanjutnya kirim SMS ke nomor 4444

Registrasi bagi Pelanggan Baru

Format registrasi via SMS bagi pengguna yang membeli kartu SIM perdana adalah sebagai berikut:
1. Indosat, Smartfren, Tri
NIK#NomorKK#
2. XL Axiata
Daftar#NIK#Nomor KK
3. Telkomsel & Simpati
Reg(spasi)NIK#NomorKK
Jika sudah mengetik format di atas, kirim SMS kamu ke nomor 4444.
telp customer service operator seluler :

1. telkomsel

klik registrasi

188

0807-1811-811

layanan luar negeri +62811-0000-333

2. indosat ooredoo

klik registrasi

(021)5438-8888

3. xl axiata

klik registrasi

817

(021)5795-9817

4. axis

klik registrasi

838

0838-8000-838

5. tri

klik registrasi

123

0896-44-000-123

6. smartfren

klik registrasi

888

08811-223344

(021)5010-0000

7. bolt

klik registrasi

1500-595

(021)2559-6595

8. ceria - sampoerna telekomunikasi indonesia

klik registrasi

0828-4256-6381

trial bike

doa keluar rumah :
بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

“Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”


doa naik kendaraan, hanya boleh dibaca 1x ketika sudah naik/nyengklak di kendaraan.

1. naik kendaraan darat =>> (43) az zukhruf : 13-14.


سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ (١٣)

(43) : 13. "Maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi Kami Padahal Kami sebelumnya tidak mampu menguasainya,

وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ (١٤)

(43) : 14. dan Sesungguhnya Kami akan kembali kepada Tuhan kami".

2. naik kendaraan laut dan udara =>> (11) hud : 41

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا (٤١)


(11) : 41. "dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya."

Motor Dual Sport Brand Lokal
  1. Viar Cross X 150
  2. Viar Cross X 200 GT
  3. Viar Cross X 200 ES
Motor Dual Sport Brand Jepang
  1. Kawasaki KLX150G
  2. Kawasaki KLX150 BF
  3. Kawasaki KLX250S
  4. Kawasaki Versys-X 250 Tourer
  5. Yamaha WR250R
  6. Honda CRF250RALLY
  7. Honda CRF 150 L
  8. Suzuki RM-Z450 2018
  9. KTM 250 SX-F
Motor Dual Sport Brand Eropa
  1. KTM 690 Enduro R
  2. Husqvarna 701 Enduro

Jumat, 23 Februari 2018

pengaduan pendaftaran catatan kependudukan di dispendukcapil

Selamat Pagi Semua Jika Anda mengalami masalah dengan data kependudukan silahkan menghubungi Kami di : Hotline : 1500537 WA : 08118005373 SMS : 08118005373

Jika anda masih mengalami masalah saat registrasi kartu provider, silahkan kirimkan pesan melalui pesan/direct message
dengan format :
# NIK
# Nama_Lengkap
# Nomor_Kartu_Keluarga
# Nomor_Telp
# Permasalahan

Jika Anda mengalami masalah dengan data kependudukan silahkan menghubungi Kami melalui Pesan dengan format :
#NIK
#Nama_Lengkap
#Nomor_Kartu_Keluarga
#Nomor_Telp
#Keluhan



atau datang langsung ke kantor dispenduk capil surabaya

Jl. Tunjungan No.1-3, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60275

klik google map

Senin, 05 Februari 2018

astronomi

Di era modern, kajian-kajian pada bidang astronomi Islam sejak kurun abad 19 M dan 20 M tampak mulai mengalami pertumbuhan signifikan, dimana beberapa kajian yang pernah dilakukan memberikan catatan informatif berharga bagi para peneliti pemula dan profesional.

Beberapa peneliti, yang sebagian besar berasal dari kalangan orientalis (Barat), sekali lagi telah memberikan sumbangan berharga bagi sejarah dan pemikiran astronomi Islam di era modern.

Beberapa tokoh yang telah berjasa itu berikut sumbangan penelitiannya antara lain: Sedillot (Prancis), Carlo Alfonso Nillino (Italia), David Antonio King (Amerika Serkat), Abdul Hamid Sabrah (Mesir), Edward S Kennedy (Amerika Serikat), Abbas Sulaiman (Mesir), George Saliba (Palestina-Libanon), Julio Samso (Spanyol), Aidin Sayli (Turki), dan lainnya.

Sedillot tercatat pernah menerjemahkan ke bahasa Prancis satu bagian khusus tentang alat-alat astronomi dari naskah berjudul “Jami’ al-Mabadi’ wa al-Ghayat fi ‘Ilm al-Miqat”(Koleksi Pokok dan Tujuan dalam Ilmu Mikat) karya Abu Ali al-Hasan bin Ali al-Marrakusyi (wafat setelah tahun 680/1281).

Berikutnya (tahun 2012 M) naskah ini diteliti (tahkik/dirasah) oleh Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar. Carlo Alfonso Nillino (Italia), karya terpentingnya adalah buku berjudul “’Ilm al-Falak Tarikhuhu ‘Inda al-‘Arab fi al-Qurun al-Wustha” (Ilmu Falak Sejarahnya di Kalangan Arab Abad Pertengahan). Buku ini terhitung sebagai buku terbaik yang mengulas sejarah dan pemikiran astronomi Islam abad pertengahan.

Nillino juga tercatat telah meneliti naskah tabel astronomi milik al-Battani berjudul az-Zaij ash-Shaby’ (Tabel Sabean) [diterbitkan di Roma (Italia) tahun 1899 M].

David A. King (Amerika Serikat), fokus kajiannya adalah naskah-naskah astronomi Islam (yang dikenal dengan ‘ilm al-miqat) pada era Dinasti Mamalik Mesir (1250 M-1517 M). Beberapa sumbangan terpentingnya dalam bidang sejarah dan pemikiran astronomi Islam adalah buku ensklopedik berjudul “In Synchrony with the Heavens” (Studies in Astronomical Timekeeping and Instrumentation in Medieval Islamic Civilization).

Bersama Kennedy, King tercatat pernah meneliti naskah berbentuk tabel-tabel astronomi milik Ibn Majdi (w. 850/1446) berjudul “ad-Durr al-Yatim”.

Abdul Hamid Sabrah (Mesir), kontribusi signifikannya adalah penelitian (tahkik) atas karya al-Hasan bin al-Haitsam (w. 430/1038) yang berjudul “asy-Syukuk ‘ala Bathlamius”. Buku ini memuat kritik konstruktif terhadap sejumlah kekeliruan Ptolemeus dalam sejumlah konsepsi dan teorinya tentang astronomi [diterbitkan oleh Dar al-Kutub al-Mishriyyah Mesir tahun 1971 M).

E.S. Kennedy (Amerika Serikat), satu diantara penelitian pentingnya adalah survei terhadap tabel-tabel astronomi (zij) abad pertengahan yang berjudul A Survey of Islamic Astronomical Tables”. Kennedy sendiri dikenal sebagai tokoh yang paling intens meneliti naskah-naskah astronomi karya astronom Muslim asal Suriah bernama Ibn Syathir (w. 777/1375).

Abbas Sulaiman (Mesir), nama lengkapnya Abbas Muhammad Hasan Sulaiman (saat ini guru besar Filsafat Islam dan Sejarah Sains Arab di Universitas Iskandariah, Mesir). Kontribusi dominan Abbas Sulaiman adalah penelitian (analisis) pada karya-karya astronomi Nashiruddin al-Thusi (w. 672/1273), direktur Observatorium Maragha.

Beberapa penelitian tahkik/dirasah Abbas Sulaiman terhadap karya-karya Nashiruddin al-Thusi adalah: 

1. “at-Tadzkirah fi al-Hai’ah” (Catatan Tentang Astronomi) [Dar Su’adash-Shabah, Kuwait, 1993],
2. “Mukhtashar fi Ma’rifah at-Taqawim” (Ringkasan Tentang Pengetahuan Penanggalan) [Dar al-Ma’rifah al-Jami’iyah, Iskandariah, 2009], 
3. Zubdah al-Idrak (Intisari Pengetahuan Astronomi) [Dar al-Ma’rifah al-Jami’iyah, Iskandariah, 1994], dan lain-lain.

Selain peneliti-peneliti ini, tentu masih ada sejumlah peneliti lagi yang memiliki kontribusi. Namun, betapapun telah banyak peneliti yang melakukan penelitian, fakta tak terbantah bahwa hingga kini mayoritas literatur-literatur manuskrip astronomi belum mendapat perhatian maksimal. Berbagai institusi dan lembaga penelitian, khususnya di dunia Arab, yang menyelenggarakan riset di bidang ini sejatinya belum mampu mengeksplorasi secara optimal naskah-naskah astronomi Islam yang melimpah ini.

Sebagai misal, al-Biruni (w. 440/1048) yang menulis lebih dari 150 karya, hanya sepertiga saja dari karya-karyanya yang masih tersisa. Selanjutnya hanya beberapa saja dari karya-karya astronominya yang telah ditelaah (tahkik/dirasah).

Padahal, dalam riset ilmiah al-Biruni adalah tokoh yang paling banyak dikaji. Adapun beberapa karya astronomi al-Biruni yang telah ditelaah (tahkik, dirasah, terjemah) antara lain: 

1. “al-Qanun al-Mas’udi fi al-Hai’ah wa an-Nujum” (diterbitkan oleh Da’irah al-Ma’arif al-‘Utsmaniyah, India),
2. “Isti’ab al-Wujuh al-Mumkinah fi Shan’ah al-Usthurlab” (ditahkik/dirasah oleh Hasan Zadah al-Amili)
3. dan “at-Tafhim li Awa’il Shina’ah at-Tanjim” (ditahkik oleh Dr. Ali Hasan Musa).

Sementara itu, tokoh-tokoh lainnya kurang beruntung dimana mereka dikenal nama dan sejumlah karyanya hanya melalui buku-buku bibliografi dan katalog-katalog naskah saja. Bahkan, tidak dipungkiri terdapat sejumlah (bahkan sangat banyak) tokoh yang nama-nama mereka tidak masuk dalam buku-buku bibliografi populer, namun mereka memiliki kontribusi dan pemikiran dalam bentuk karya tulis. Tentu mereka ini lebih tidak beruntung lagi.

Kenyataan lagi, bahwa sejumlah tokoh astronomi yang pernah dilakukan penelitian atasnya mendapat posisi istimewa karena secara sengaja atau tanpa sengaja karya-karya mereka pernah diteliti dan atau diterjemah ke bahasa modern (Eropa).

King mengungkapkan bahwa pada era Mamalik (1250 M-1517 M) ada sekitar 75 tokoh astronomi yang pernah eksis kala itu.  Namun dari sekian banyak tokoh itu hanya beberapa saja yang dikenal dan terdengar populer saat ini.

Karena itu, mengingat banyaknya tokoh-tokoh astronomi berikut karya-karya mereka yang belum terungkap, hal ini memberi konsekuensi kepada lembaga-lembaga penelitian dan institusi terkait untuk menggalakkan penelitian di bidang ini secara lebih serius, dengan tahapan dan perencanaan yang matang.

Belakangan, seiring semakin mudahnya akses naskah-naskah (manuskrip) astronomi, ada kecendrungan penelitian dilakukan oleh para pemula secara pribadi dan mandiri. Studi yang digeluti meliputi kajian tokoh dan analisis pemikiran.

Namun seperti dikemukakan Dallal, problematika yang dihadapi para peneliti pemula ini tidak lain terkait problem metodologis, dimana banyak kajian yang dilakukan secara acak dan tidak komprehensif menyebabkan hasil penelitian tidak maksimal, berikutnya tidak memberi kontribusi positif.

Menurut Rusydi Rasyid (seorang sejarawan matematika asal Mesir), penelitian di bidang sains idealnya dilakukan secara kolektif-komprehensif dan bahkan dalam skala internasional. Sains, yang diantaranya astronomi, tidak lain merupakan warisan kolektif berbagai peradaban yang pernah ada di permukaan bumi ini.

Ia merupakan akumulasi dari banyak sentuhan kebudayaan dan tradisi yang tidak mungkin disematkan kepada satu komunitas tertentu. Karena itu, adanya jaringan kerjasama internasional untuk kajian bidang ini akan mempercepat secara tepat pengeksplorasian khazanah astronomi Islam yang telah lama tersimpan ini. Menuju dan merealisasikan hal ini tentu tidak mudah, diperlukan rencana besar, rancangan besar, dan tentu saja biaya yang besar. Wallahu a’lam.

Medan, 27 Jumadi Akhir 1438/26 Maret 2017

Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar

Kepala Observatorium Ilmu Falak UMSU

Sumber Foto : Dokumen Museum Astronomi Islam

Sabtu, 03 Februari 2018

Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun





kai daop 1 jakarta

doa keluar rumah :
بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

“Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”


doa naik kendaraan, hanya boleh dibaca 1x ketika sudah naik/nyengklak di kendaraan.

1. naik kendaraan darat =>> (43) az zukhruf : 13-14.


سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ (١٣)

(43) : 13. "Maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi Kami Padahal Kami sebelumnya tidak mampu menguasainya,

وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ (١٤)

(43) : 14. dan Sesungguhnya Kami akan kembali kepada Tuhan kami".

2. naik kendaraan laut dan udara =>> (11) hud : 41

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا (٤١)


(11) : 41. "dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya." 







kereta api indonesia

doa keluar rumah :
بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

BISMILLAHI, TAWAKKALTU ’ALA ALLAH, LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

“Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”


doa naik kendaraan, hanya boleh dibaca 1x ketika sudah naik/nyengklak di kendaraan.

1. naik kendaraan darat =>> (43) az zukhruf : 13-14.


سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ (١٣)

(43) : 13. "Maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi Kami Padahal Kami sebelumnya tidak mampu menguasainya,

وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ (١٤)

(43) : 14. dan Sesungguhnya Kami akan kembali kepada Tuhan kami".

2. naik kendaraan laut dan udara =>> (11) hud : 41

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا (٤١)


(11) : 41. "dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya." 







Kamis, 01 Februari 2018

tentang demam berdarah dan tifus

1. DO’A KETIKA BEROBAT/ MINUM OBAT

BISMILLAHI ALLAHUMMA INNI A’UDZUBIKA MIN SYARRI WAJ’II HADZAA


Dengan namaMu ya Allah, aku berlindung dari kejahatan penyakitku ini.



2. DO’A MAKAN BERSAMA ORANG SAKIT

LABA’SA THOHUURUN INSYAA – ALLAH


Biarlah kesucian itu ada pada kami, jika Tuhan menghendaki.


3. Doa menjenguk orang sakit



اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِيء لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allaahumma rabban naasi Adzhibil ba’sa Isyfi Antasy syaafi’ Laa syifaa’a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughaadiru saqaman


Artinya : Wahai Allah Tuhan manusia, Hilangkanlah rasa sakit ini, Sembuhkanlah. Engkaulah Yang Maha Penyembuh. Tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain.


suplemen/vitamin untuk demam berdarah & tifus (karena demam berdarah & tifus blm ada obatnya)

1. kurma (jangan sari kurma karena biasanya mengandung kadar gula yg tinggi)

2. Pil fermin (engstrak cacing tanah)

3. Fu fang e jiao jiang

4. Jus daun pepaya

nb : konsultasikan ke dokter/apoteker/herbalis untuk dosis obat/suplemen vitamin diatasi.

baca juga




02 Feb 2015

DEMAM BERDARAH DENGUE

Waspadai Demam Berdarah, Berantas Sarang Nyamuk

Imroatul Afifah - Tim eHealth

Surabaya, eHealth. Demam berdarah atau demam dengue (disingkat DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Nyamuk atau beberapa jenis nyamuk menularkan (atau menyebarkan) virus dengue. Virus ini hanya dapat di tularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, melalui gigitannya. Penularan paling banyak terjadi di musim hujan.

Cara bekerja virus dengue seminggu setelah digigit nyamuk yang mengandung virus, seseorang bisa jatuh sakit atau tidak sakit tetapi namun tetap sebagai sumber berpenular bagi orang lain (carrier). Kurang dari tujuh hari setelah sakit penderita dapat meninggal dunia, bila tidak ditolong dengan cepat dan tepat.

Tiap 100 penderita ada 3 hingga 4 orang meninggal dunia. Penyakit ini dapat menyerang segala umur. Tiap 100 penderita, 80 orang usia muda anak-anak dan 20 orang dewasa.

Ciri-ciri nyamuk Aedes Aegypti yaitu badan dan kakinya berbintik hitam putih, hidup di daerah tropis, bertelur di air jernih dan mengigit pada siang hari.

Awal mula gejalanya demam dengue adalah demam, sakit kepala, kulit kemerahan yang tampak seperti campak, nyeri otot dan persendian. Pada sejumlah pasien, demam dengue dapat berubah menjadi satu dari dua bentuk yang mengancam jiwa. Pertama adalah demam berdarah, yang menyebabkan pendarahan, kebocoran pembuluh darah (saluran yang mengalirkan darah), dan rendahnya tingkat trombosit darah (yang menyebabkan darah membeku). Kedua adalah sindrom renjat dengue, yang menyebabkan tekanan darah rendah yang berbahaya.

Ada 4 macam virus dengue; dengue tipe 1, dengue tipe 2, dengue tipe 3 dan dengue tipe 4. Sedangkan di Indonesia, virus dengue tipe 3 lah yang paling mendominasi. Dampak dari virus dengue dapat menyebabkan gangguan pada pembuluh darah kapiler serta mengganggu sistem pembekuan darah. Hal inilah yang akan mengakibatkan pendarahan bahkan hingga kematian pada penderita penyakit DBD ini.

Untuk mencegah seseorang terkena virus dengue tersebut. Terdapat beberapa tindakan pencegahan demam dengue. Orang-orang dapat melindungi diri mereka dari nyamuk dan meminimalkan jumlah gigitan nyamuk. Para ilmuwan juga menganjurkan untuk memperkecil habitat nyamuk dan mengurangi jumlah nyamuk yang ada.

Dengan langkah pencegahan itu, Surabaya bisa terbebas dari nyamuk demam berdarah. Pada musim hujan ini Surabaya melakukan pencegahan secara serentak dengan langkah pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Kegiatan ini dengan berpedoman pada Undang – Undang No. 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular dan Peraturan Menteri Kesehatan No. 1501/Menkes/per/X/2010 tentang Jenis Penyakit Menular Tertentu yang dapat menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangan.

Dengan itu maka dihimbau kepada seluruh masyarakat Kota Surabaya untuk mewaspadai penyebaran penyakit DBD dengan melaksanakan. Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (PSN DBD) diseluruh instansi, kantor perusahaan, sekolah, pasar, hotel, tempat ibadah dan tempat umum lainnya secara rutin dan serentak dengan kegiatan 3 M PLUS.

1. Menguras dan menyikat tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi/WC, drum dan lain-lain setiap satu minggu sekali.
2. Menutup rapat tempat penampungan air, seperti gentong air/tempayan dan lain-lain.
3. Memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas yang dapat menampung air.

Salain itu ditambah (PLUS) dengan cara lainnya yaitu:

Mengganti air vas bunga, tempat minum burung atau tempat-tempat lainnya yang sejenis setiap satu minggu sekali.

Memperbaiki saluran dan talang yang tidak lancar/rusak

Menutup lubang-lubang pada potongan bambu/pohon, dan lain-lain dengan tanah dan lain-lain.

Menaburkan bubuk pembunuh jentik (larvasida) di tempat-tempat yang sulit dikuras.

Memelihara ikan pemakan jentik di kolam/bak-bak penampungan air (misalnya ikan cupang, ikan timah)

Memasang kawat kasa di jendela dan pintu rumah.

Menghindari kebiasaan menggantung pakaian dalam kamar.

Mengupayakan pencahayaan dan ventilasi ruang yang memadai.

Menggunakan kelambu pada saat tidur.

Memakai obat yang dapat mencegah gigitan nyamuk (misalnya lotion dan obat semprot anti nyamuk.

Penanaman bunga lavender.

Membersihkan lingkungan dari sarang nyamuk.

Selain langkah itu Pemerintah Kota Surabaya juga mengoptimalkan peran Juru Pemantau Jentik (Jumantik) dalam pemantauan lingkungan dan penyebaran penyakit DBD di Lingkungan masing-masing. Kemudian jika ada yang sakit segera dibawa ke Puskesmas terdekat untuk pertolongan pertama atau melaporkan apabila ada warga yang terkena DBD. Serta dihimbau untuk membantu kelancaran kegiatan penyelidikan epidemiologi dan fogging/ULV yang dilakukan di wilayah setempat.

Gejala Demam Berdarah

Beberapa hal yang harus diwaspadai adalah gejala terkena DBD. Salah satu tandanya, panas badan mendadak tinggi (lebih dari 38 derajat celcius) selama 7 hari, tampak bintik-bintik merah pada kulit, kalau direnggangkan bintik merah lebih jelas, kadang-kadang terjadi perdarahan di hidung (mimisan).

Juga mungkin terjadi muntah dan atau berak darah, dengan berak berwarna hitam serta berbau amis,perdarahan di lambung juga menyebabkan nyeri di ulu hati dan mual, tekanan darah penderita turun, denyut nadi cepat dan lemah serta gelisah, sedangkan ujung kaki dan tangannya dingin berkeringat.

Hasil tes torniquet menunjukkan hasil yang positif, terjadi pendarahan yang petekia, purpura atau akimosis, Hematemeses, trombositomenia 100.000 per mm3 dan terjadi pembesaran pada plasma yang identik dengan kenaikan dinding pembuluh darah.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk penderita DBD yaitu memberikan minuman sebanyak mungkin, kompres untuk menurunkan panas, memberikan obat penurun panas kepada penderita DBD dan membawa segera ke dokter apabila dalam tiga hari panas tak kunjung turun.

Demikian, dihimbau untuk warga Surabaya khususnya untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih. Karena itulah merupakan langkah awal mencegah terjadinya berbagai penyakit yang diakibatkan oleh lingkungan. Serta berolahraga dan menjaga pola hidup sehat dan juga dianjurkan agar tubuh tetap dalam keadaan yang fit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. (Ima)


bahan obat herbal

1. DO’A KETIKA BEROBAT/ MINUM OBAT

BISMILLAHI ALLAHUMMA INNI A’UDZUBIKA MIN SYARRI WAJ’II HADZAA


Dengan namaMu ya Allah, aku berlindung dari kejahatan penyakitku ini.


2. DO’A MAKAN BERSAMA ORANG SAKIT

LABA’SA THOHUURUN INSYAA – ALLAH


Biarlah kesucian itu ada pada kami, jika Tuhan menghendaki.


3. Doa menjenguk orang sakit



اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِيء لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allaahumma rabban naasi Adzhibil ba’sa Isyfi Antasy syaafi’ Laa syifaa’a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughaadiru saqaman


Artinya : Wahai Allah Tuhan manusia, Hilangkanlah rasa sakit ini, Sembuhkanlah. Engkaulah Yang Maha Penyembuh. Tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain.


klik lembaga sertifikasi pangan organik

klik sertifikasi makanan dan minuman

(utk cara konsumsi, khasiat, kontradiksi dll hubungi ahli nya)

1. bawang dayak pontianak

2. daun pegagan

3. Kunir putih

4. Jahe merah

5. Manggis (ekstrak Kulit manggis)

6. sukun (ambil daun yg sudah menguning/tua)

7. Daun kenikir

8. Daun mahkota dewa

*

toga/herbal muslim :

1. zaitun

2. tin (bermanfaat dari mulai akar-batang-daun)

3. madu

4. Kurma ajwa/tamar

5. habbatusy syaudah

6. zuriyat aswani



psikoterapi

Psikoterapi tidak hanya digunakan sebagai metode pengobatan pada penderita gangguan jiwa berat. Berbagai perubahan kondisi kesehatan mental lainnya seperti depresi, gangguan kepribadian, gangguan kecemasan, gangguan emosional, dan ketergantungan obat-obatan dapat memanfaatkan psikoterapi.


Psikoterapi terdiri dari berbagai jenis, dengan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap pasien secara individual.

Skizofrenia

Pengertian Skizofrenia

Skizofrenia adalah gangguan mental kronis yang menyebabkan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan perubahan perilaku. Kondisi yang biasanya berlangsung lama ini sering diartikan sebagai gangguan mental mengingat sulitnya penderita membedakan antara kenyataan dengan pikiran sendiri.

Penyakit skizofrenia bisa diidap siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Kisaran usia 15-35 tahun merupakan usia yang paling rentan terkena kondisi ini. Penyakit skizofrenia diperkirakan diidap oleh satu persen penduduk dunia.

Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) yang dipublikasikan pada tahun 2014, jumlah penderita skizofrenia di Indonesia diperkirakan mencapai 400 ribu orang.


Di Indonesia, akses terhadap pengobatan dan pelayanan kesehatan jiwa masih belum memadai. Akibatnya, sebagian besar penduduk di negara ini, terutama di pelosok-pelosok desa, kerap memperlakukan pasien gangguan jiwa dengan tindakan yang tidak layak seperti pemasungan.

Gangguan Bipolar

Pengertian Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar adalah kondisi seseorang yang mengalami perubahan suasana hati secara fluktuatif dan drastis,misalnya tiba-tiba menjadi sangat bahagia dari yang sebelumnya murung. Nama lain dari gangguan bipolar adalah manik depresif.

Terdapat dua episode dalam gangguan bipolar, yaitu episode mania (fase naik) dan depresi (fase turun). Pada periode mania, penderita menjadi terlihat sangat bersemangat, enerjik, dan bicara cepat. Sedangkan pada periode depresi, penderita akan terlihat sedih, lesu, dan hilang minat terhadap aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan perputaran episode suasana hati, ada sebagian penderita gangguan bipolar yang mengalami keadaan normal di antara mania dan depresi. Ada juga yang mengalami perputaran cepat dari mania ke depresi atau sebaliknya tanpa adanya periode normal (rapid cycling).Selain itu, ada juga penderita gangguan bipolar yang mengalami mania dan depresi secara bersamaan. Contohnya, ketika penderita merasa sangat berenerjik, namun di saat bersamaan juga merasa sangat sedih dan putus asa. Gejala ini dinamakan dengan periode campuran (mixed state).

Depresi

Depresi atau dalam istilah medis disebut gangguan depresi mayor adalah gangguan suasana hati (mood) yang dapat memengaruhi pola pikir, perasaan, dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari.


Ketika mengalami depresi seseorang akan merasa sedih, putus harapan, merasa tidak berharga, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya disukainya, atau menyalahkan diri sendiri. Hal tersebut terjadi sepanjang hari dan berlangsung paling tidak selama 2 minggu. Depresi berbeda dengan perasaan tidak bahagia yang berlangsung sementara. Namun karena pemahaman yang salah dan dianggap sama dengan rasa sedih biasa, penyakit ini seringkali dianggap sepele. Padahal, depresi merupakan penyakit serius yang dapat mendorong penderitanya untuk bunuh diri.