klik sayangi bumi maka akan disayang langitan

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا أَهْلَ الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ

(HR. Abu Dawud, dinyatakan sahih oleh al-Albani)

*

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

surat (30) ar rum ayat 41

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ (٤١)

surat (5) al maa'idah ayat 32

مِنْ اَجْلِ ذٰلِكَ ۛ كَتَبْنَا عَلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَنَّهٗ مَنْ قَتَلَ نَفْسًاۢ بِغَيْرِ نَفْسٍ اَوْ فَسَادٍ فِى الْاَرْضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَمَنْ اَحْيَاهَا فَكَاَنَّمَآ اَحْيَا النَّاسَ جَمِيْعًا ۗوَلَقَدْ جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنٰتِ ثُمَّ اِنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ بَعْدَ ذٰلِكَ فِى الْاَرْضِ لَمُسْرِفُوْنَ (٣٢)

surat 4 An Nisa' ayat 114

لَّا خَيْرَ فِى كَثِيرٍ مِّنْ نَّجْوٰىهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلٰحٍۢ بَيْنَ النَّاسِ  ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذٰلِكَ ابْتِغَآءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

surat 3 Āli 'Imrān ayat 104

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

*

klik nasehat

klik emak

*

Minggu, 31 Desember 2017

Launching Surabaya Green and Clean 2017, Kompetisi Harus Lebih Maju


Kompetisi Surabaya Green and Clean yang dihelat Pemkot Surabaya dan Jawa Pos sudah berjalan 13 tahun. Menjelang yang 2017 harus anyar harus tak sekadar ritual

JawaPos.com – Sudah 13 tahun kompetisi Surabaya Green and Clean diadakan Pemkot Surabaya dan Jawa Pos. Kali ini, kompetisi kampung bersih dan hijau itu diharapkan tak sekadar ritual tahunan. Harus anyar. Harus bernilai guna secara ekonomi untuk masyarakat.
Itulah yang dipesankan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat peluncuran Surabaya Green and Clean (SGC) 2017 Minggu (20/8) di Aula Sawunggaling Pemkot Surabaya.
Secara tegas, Risma, sapaan wali kota, berharap kebangkitan bank sampah sebagai salah satu sumber ekonomi warga Surabaya. Sebab, manfaatnya sangat banyak. Hasil tabungan sampah bisa digunakan untuk membantu pemasukan warga. ”Hasilnya akan dibagikan saat Lebaran atau saat kenaikan anak sekolah,” ujarnya.
SENYUM: Tri Rismaharini memasiki di ruang Sawunggaling menjelang launching Green and Clean 2017 melewati peserta terdiri dari kelompok masyarakat kecamatan pada Minggu (20/8) se-Surabaya.

SENYUM: Tri Rismaharini memasiki di ruang Sawunggaling menjelang launching Green and Clean 2017 melewati peserta terdiri dari kelompok masyarakat kecamatan pada Minggu (20/8) se-Surabaya. (Dipta Wahyu/Jawa Pos/JawaPos.com)
Bank sampah juga bisa dikembangkan lebih jauh menjadi koperasi. Dana yang ada bisa diputar untuk menyediakan barang-barang kebutuhan warga.
Dalam perjalanan panjangnya, Surabaya Green and Clean sudah melalui berbagai tema. Mulai pemilahan sampah, kerajinan daur ulang, pembuatan kompos skala rumah tangga, tanaman obat keluarga, hingga tata kehidupan warga yang lebih sehat.
Nah, kali ini, tema yang dikejar adalah eco-friendly living. Atau kehidupan yang ramah lingkungan dan ekonomis. Misalnya, dengan menghadirkan lingkungan bersih yang sehat dan mandiri. Terutama pengolahan limbah dan perencanaan sanitasi rumah tangga. Dampaknya harus lebih nyata.
Risma berharap kompetisi tahun ini bisa lebih meriah. Harus ada korelasi nyata antara lingkungan dan manfaat bagi warga. Yakni, dalam hal ekonomi. ”Warga Surabaya sudah lebih advance (maju, Red) dibanding dengan tahun sebelumnya,” ungkapnya.
Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Jawa Pos Nanang Prianto menyatakan bahwa SGC adalah perhelatan antara Pemkot Surabaya dan Jawa Pos yang paling lama dan konsisten. ”Event ini juga diadopsi oleh kota lain bersama media-media Jawa Pos Group,” kata Nanang.
Tahun ini, Surabaya Green and Clean adalah buah kerja sama Pemkot Surabaya, Jawa Pos, dan PT Mataram Paint (EMCO). Total hadiah yang diperebutkan adalah Rp 777,5 juta.
Peserta akan dibagi menjadi empat kategori. Yakni, pemula, berkembang, maju, dan jawara. Pendaftaran mulai dibuka pada 22 Agustus hingga 5 September. Ayo segera bersiap-siap...!
(gal/c6/dos)

Tidak ada komentar: