klik sayangi bumi maka akan disayang langitan

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا أَهْلَ الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ

(HR. Abu Dawud, dinyatakan sahih oleh al-Albani)

*

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

surat (30) ar rum ayat 41

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ (٤١)

surat (5) al maa'idah ayat 32

مِنْ اَجْلِ ذٰلِكَ ۛ كَتَبْنَا عَلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَنَّهٗ مَنْ قَتَلَ نَفْسًاۢ بِغَيْرِ نَفْسٍ اَوْ فَسَادٍ فِى الْاَرْضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَمَنْ اَحْيَاهَا فَكَاَنَّمَآ اَحْيَا النَّاسَ جَمِيْعًا ۗوَلَقَدْ جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنٰتِ ثُمَّ اِنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ بَعْدَ ذٰلِكَ فِى الْاَرْضِ لَمُسْرِفُوْنَ (٣٢)

surat 4 An Nisa' ayat 114

لَّا خَيْرَ فِى كَثِيرٍ مِّنْ نَّجْوٰىهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلٰحٍۢ بَيْنَ النَّاسِ  ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذٰلِكَ ابْتِغَآءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

surat 3 Āli 'Imrān ayat 104

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

*

klik nasehat

klik emak

*

Senin, 23 September 2019

Griya Al Qur'an

GRIYA ALQURAN Pusat Surabaya

Jl. Dinoyo No.57, Keputran, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60265

Telp : (031) 5676582

klik Peta

klik LinkTree



literasi pesantren untuk emak di Surabaya (kalau dulu kita yang dituntun emak untuk mengaji, ketika emak sudah sepuh, tidak ada salahnya ganti kita yang menuntun emak untuk mengaji☺️)




Kantor Cabang Griya Al Qur'an

1. GQ. Dinoyo

Jl. Dinoyo No.57 – Keputran – Tegalsari – Surabaya

klik Peta

2. GQ Ampel

Jl. KH Mas Mansyur No.169, Nyamplungan, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60162

klik peta

3. GQ. Cisadane

Jl. Cisadane No.36 (depan kantor kecamatan wonokromo)

klik peta

4. GQ. Perak

Jl. Ikan Mungsing Gang VII No.71 Kec. Krembangan Surabaya

klik peta

5. GQ. Sambikerep

Masjid Al Huda Jl. Sambirogo I Blok O No.1 Perum Perhutani Sambikerep SBYWilayah Sidoarjo

klik peta

6. GQ. Pondok Jati

Perumahan Pondok Jati BP.2 Sidoarjo Kota

klik peta

7. GQ. Istana Mentari

Perumahan Istana Mentari B3/30.B Sidoarjo Kota

klik peta

8. GQ. Deltasari

Perumahan Delta Kencana No.12a Ngingas – Waru – Sidoarjo

klik peta

9. GQ. Kediri

Perumahan Mojoroto Indah Blok Q No.0110

klik peta

10. GQ Pare

Jl. Kacapiring II/12 Tulungrejo Pare

klik peta

11. GQ. Madiun

Jl. Kalimantan No.18.B Kartoharjo Madiun Kota

klik peta

12. GQ. Ponorogo

Jl. Parikesit No. 37 Kepatihan, Kota Ponorogo

klik peta

13. GQ. Ngawi

Jl. Trunojoyo No.78 Kauman Ngawi kotaWil. Timur Jatim

klik peta

14. GQ. Banyuwangi

Masjid Salman Al Farisi

Jl. Letkol Istiqlah No.84 Singonegaran Kec. Banyuwangi

klik peta

15. GQ. Genteng

Jl. Diponegoro No. 44 (Depan Dr. Nengah) Genteng Banyuwangi

klik peta

16. GQ. Jakarta

Jl. Karang Pola Dalam II No.1a, RT.2/RW.9, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540

klik peta

17. GQ. Cinere

Jl. Cinere Raya No. 4, Pangkalan Jati, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514JaBar

klik peta

18. GQ. Bandung

Masjid Al-Hidayah, Jl. Cikadut no. 207 Bandung

19. GQ. Gele Harun Lampung

Jl. Mr.Gele Harun No.09

klik peta

20. GQ Prof. Yamin Lampung

Jl. Prof. M.Yamin – Rawa Laut – Enggal – Bandar Lampung

klik peta

21. GQ. Balikpapan

Jl. A.Yani Gunung Sari No.19 RT.54 (deretan fuluso komputer)

22. GQ. Banjarmasin

Komplek Bunyamin Permai II Ray 6 No.73 ( Jl. A.Yani KM.6 ) Banjarmasin Selatan

Prosedur Pendaftaran

1. Mendaftarkan diri anda ke Cabang Griya Al Qur’an terdekat.

2. Mengikuti placement test untuk menentukan kelas.

3. Memilih jam belajar

4. Proses belajar mengajar selama ± 10 pekan (periodik)

Persyaratan Khusus

1. Siswa minimal telah berusia lebih dari 18 tahun atau telah lulus SMA/Sederajat

2. Mempunyai semangat kuat dalam belajar Al Qur’an

Persyaratan Umum

1. Mendaftarkan diri sebagai calon siswa Griya Al Qur’an Surabaya

2. Mengikuti tes penempatan kelas yang diadakan oleh Griya Al Qur’an

3. Melakukan daftar ulang dan mengisi form yang telah disediakan oleh Griya Al Qur’an

Biaya – biaya

1. Melunasi infaq pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-

2. Melunasi biaya Starterkit sebesar Rp. 200.000,- (menyesuaikan)

3. Melunasi infaq bulanan sesuai dengan form yang telah disediakan

Kewajiban Siswa

Siswa berkewajiban untuk mematuhi peraturan yang ada di Griya Al Qur’an, baik yang bersifat umum ataupun yang bersifat khusus

Hak Siswa

1. Mendapatkan starter kit yang berisi tas, mushaf, buku panduan tahsin, buku panduan tartil dan buku mutaba’ah

2. Mendapatkan pengajaran yang terbaik dari Griya Al Qur’an

3. Mendapatkan laporan evaluasi belajar (KHU)

Siti Aisah Akhirnya Hafal Tiga Juz Alquran di Usia 80 Tahun
Laporan Agung Hari Baskoro | Minggu, 22 September 2019 | 16:51 WIB

klik suara surabaya

Siti Aisah (80 tahun) akhirnya berhasil menghafalkan tiga juz Alquran setelah belajar selama tiga tahun terakhir. Meski sudah berusia lanjut, hal itu tak membuatnya malu belajar bersama dengan ratusan peserta Griya Alquran lain.

Berkat usahanya itu, dia bersama 280 peserta lain berhak mengikuti Wisuda Tahfidz Akbar ke-8 di Ruang Shofa, Masjid Al Akbar Surabaya pada Minggu (22/9/2019). Sebelumnya, ia terlebih dahulu menyetorkan hafalan dua juz Alquran kepada Ustaz Griya Alquran agar bisa ikut wisuda tersebut.

Ia mengaku, ada beberapa alasan kenapa di usia lanjut dia berusaha keras untuk menghafal Alquran. Menurutnya, menghafal alquran memiliki banyak manfaat di usianya yang sudah mencapai angka delapan itu. Salah satunya, agar tak gampang pikun.

Dia mengaku dirinya tak menjadi gampang lupa setelah menghafal Alquran. Selain itu, dia juga percaya dengan menghafal alquran, jazadnya bisa utuh.

"Niki triose lo nggih, triose tiyang, mboten semerap mangke terserah Gusti Allah. Tirose jenazahe tiyang sing apal Quran niku wungkul mboten dipangan cacing (Ini kata orang, tidak tahu nanti, terserah Allah. Katanya, jenazah penghafal Al Qur’an itu utuh, gak dimakan cacing, red)," kata Aisah

Dia juga mengaku bahagia bisa berkumpul dengan para penghafal Alquran lain di wisuda itu. Ia yakin, berkumpul dengan para hafidz Alquran akan membuatnya terus sehat. Tak hanya itu, ia juga merasa lebih tenang dan terhindar dari banyak pikiran ketika menghafal Alquran.

"Karepe kiyambak, kumpul ahli Quran ben diparingi sehat terus, apalane lanjut terus (keinginan sendiri, berkumpul dengan ahli quran agar diberi kesehatan dan bisa terus menghafal, red)," kata perempuan asal Sidoarjo itu.

"Alhamdulillah, ayem, gak mikir macem-macem, gak pengen rekreasi gak pengen dunyo. Barokahe Al Quran, ditambahi umur, diparingi sehat (alhamdulillah, tenang, tidak mikir maca-macam. Tidak ingin rekreasi, tidak ingin dunia. Barokahnya Al Qur’an, umur ditambah, dan semakin sehat)," lanjutnya.

Dia mengaku akan terus melanjutkan hafalannya. Saat ini, ia berusaha menambahkan hafalan Alqurannya yang sudah tiga juz tersebut. (bas/ang)

Masih Awas Mendaras Alquran tanpa Kacamata

FEATURES

23 September 2019, 20:48:28 WIB

EDI SUSILO, Surabaya

klik jawa pos

JALAN Siti Aisah masih tegap saat namanya dipanggil sebagai salah seorang wisudawan tahfiz Alquran dalam acara Majelis Pencinta Alquran di Ruang Shofa Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) kemarin (22/9). Anak tangga menuju podium dia tapaki dengan bergegas.

Siang itu, Aisah tidak hanya dipanggil karena menerima ijazah hafizah yang diselenggarakan Griya Alquran. Nenek 13 cucu tersebut juga dipanggil lantaran menerima dua penghargaan sekaligus dari panitia. Yakni, penghargaan sebagai wisudawan inspiratif dan hafizah tertua di antara 280 peserta.

’’Matur nuwun nggih, Nak…,’’ ucapnya saat menerima piala dan piagam dari panitia. Saat disanjung bahwa usahanya menghafal Alquran bisa menjadi teladan bagi generasi muda, Aisah hanya menjawab singkat.

’’Inggih,’’ tuturnya yang disambut tepuk tangan peserta lain. Setelah wisuda, didampingi menantu dan anak pertamanya, Syamsul Huda, Aisah keluar dengan wajah semringah. Gurat wajah tuanya tidak mengurangi semangat menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan wartawan dan pengunjung yang meminta foto. Kemarin Aisah bak ”artis” legenda. Yang tetap menarik di usia tua.

’’Saya terus menghafal sejak tiga tahun lalu,’’ ucapnya. Saat itu, usia nenek asal Desa Gelam, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, tersebut sudah 77 tahun. Bukan termasuk usia muda untuk urusan hafal-menghafal. Tapi, Aisah mendobrak itu.

Mula-mula juz 30 yang berisi surat-surat pendek dia hafalkan. Kemudian, mundur ke juz 29. Terakhir, Aisah melompat ke juz 1. Semuanya dia hafalkan dengan telaten. Tidak ada metode khusus yang dia praktikkan selama menghafal Alquran. Aisah masih menggunakan ilmu kuno. Setiap ada waktu luang, dia membuka Alquran dan menghafalnya. Begitu terus-menerus. Mulai pagi, siang, hingga malam menjelang tidur, ayat-ayat itu dia hafalkan. Dia membawa Alquran ke kamar, kemudian membacanya berulang-ulang.

Itu dilakukan kalau dia berada di rumah. Kalau lagi di luar, Aisah juga masih menghafal. Bedanya, hafalannya tidak dia baca keras-keras. Tapi, dia melantunkan secara lembut dalam hati.

Rahasia Aisah bisa menghafal Alquran, selain tekad, adalah fisiknya yang masih bugar. Mata kelabunya masih awas untuk mendaras Alquran meski tanpa kacamata.

Saat ditanya soal resep sehat di usia sepuh, Aisah hanya tertawa. Menampakkan gigi depannya yang tinggal tiga biji. Katanya, tidak ada rahasia khusus. Rutinitas yang dia jalankan sama dengan lansia pada umumnya. Banyak istirahat. Yang beda mungkin soal kemandirian.

Meski enam anaknya sudah mentas dan menjadi orang semua, Aisah tetap melakukan semuanya secara mandiri. Misalnya, mencuci pakaian. Dia melakukannya sendiri setiap hari.

Istri Asmadi Khudori itu punya alasan kenapa dirinya tetap mencuci pakaian dengan menggunakan tangan. Selain untuk olahraga, Aisah tidak percaya dengan hasil cucian mesin. ’’Nggak bersih kalau di-laundry. Nggak digerojok air berkali-kali,’’ kata Aisah, lantas tertawa.

Ketua Panitia Majelis Pencinta Alquran Ahmad Abdur Rokhim mengatakan, acara tersebut diadakan sebagai wadah silaturahmi pencinta Alquran.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : */c7/git

Griya Al-Qur’an Wisuda 206 Hafizh Sambut 1440 H

klik hidayatullah

Banyak cara yang dilakukan untuk merayakan tahun baru Islam. Griya Al-Qur’an Surabaya, Jawa Timur, misalnya, mengumpulkan ratusan penghafal Al-Qur’an (hafizh) untuk merayakan datangnya tahun 1440 Hijriyah itu.

Dalam acara yang dibungkus dengan nama Majelis Pecinta Al-Qur’an ini, dipilih tuna netra yang hafal 30 juz Al-Qur’an sebagai inspiratornya.

Selasa (11/09/2018), di gedung DBL Arena Surabaya, 206 penghafal Al-Qur’an resmi dikumpulkan dalam acara Majelis Pecinta Al-Qur’an. Tidak hanya itu, ratusan penghafal Al-Qur’an itu juga diwisuda secara bersama-sama yang disaksikan sekitar 2.000 masyarakat yang hadir.

“Para wisudawan itu sudah melalui seleksi yang ketat,” ujar Wirawan Dwi, Ketua Panitia kegiatan itu dalam siaran persnya diterima hidayatullah.com.

Semua calon wisudawan, ujarnya, selalu melalui 5 tahap; pendaftaran, tes, pembinaan, tasmi’, dan wisuda. Semua peserta yang mendaftar, dites.

“Jika tidak lulus, kami memberi kesempatan berikutnya di tahun depan,” ujar Wirawan. Yang tidak lulus, tambahnya, biasanya belum memenuhi kaidah bacaan yang benar.

Setelah tahap tes, para calon wisudawan mendapatkan pembinaan dan tasmi’.

“Tasmi’ itu proses memperdengarkan semua hafalannya kepada para ustadz Griya Al-Qur’an, semuanya bahkan yang 30 juz sekalipun, harus diperdengarkan. Lalu para ustadz kami akan membacakan ayat secara acak, lalu mereka meneruskannya,” tambah pria yang juga menjadi Public Relations Griya Al Qur’an ini.

Wirawan kemudian melanjutkan bahwa setelah proses itu, baru mereka bisa mengikuti wisuda.

Para penghafal Al-Qur’an itu terbagi dari beberapa tingkatan hafalan, ada yang 2 juz, 5 juz, dan kelipatannya hingga tuntas 30 juz.

“Sebagian besar para wisudawan, di atas 40 tahun, bahkan ada yang 70 tahun lebih,” kata Wirawan.

Dalam wisuda ke-7 Griya Al-Qur’an ini, juga mendatangkan para inspirator Al-Qur’an, yaitu Sri Lestari, wanita 67 tahun yang berhasil menghafalkan 17 juz Al-Qur’an setelah pensiun.

“Beliau ini 8 tahun lalu mendaftar di Griya Al-Qur’an, dan saat dites, masuk di kelas dasar 2, masih tahap mengenal huruf. Sekarang beliau sudah hafal 17 juz,” ujarnya.

Inspirator Al-Qur’an lain yang tepilih adalah Arifin Sholeh, pengusaha yang punya hafalan sebanyak 15 juz.

Dalam pertemuan itu, Arifin mengatakan, “Saya awal-awal dulu menghafal satu surat selama 2 bulan, kemudian setelah menguatkan niat, dalam setahun dapat 10 juz.”

“Dulu, saya merasa tidak punya waktu untuk menghafal Al-Qur’an, dan benar, Allah mengabulkan, waktu saya sempit sekali, benar-benar tidak  sempat. Padahal saat saya berniat, justru Allah memudahkan. Semua tergantung niat kita,” pesannya.*

Rep: SKR

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Tidak ada komentar: