klik sayangi bumi maka akan disayang langitan

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu’anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الرَّاحِمُونَ يَرْحَمُهُمُ الرَّحْمَنُ ارْحَمُوا أَهْلَ الأَرْضِ يَرْحَمْكُمْ مَنْ فِى السَّمَاءِ

(HR. Abu Dawud, dinyatakan sahih oleh al-Albani)

*

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

surat (30) ar rum ayat 41

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ (٤١)

surat (5) al maa'idah ayat 32

مِنْ اَجْلِ ذٰلِكَ ۛ كَتَبْنَا عَلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَنَّهٗ مَنْ قَتَلَ نَفْسًاۢ بِغَيْرِ نَفْسٍ اَوْ فَسَادٍ فِى الْاَرْضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَمَنْ اَحْيَاهَا فَكَاَنَّمَآ اَحْيَا النَّاسَ جَمِيْعًا ۗوَلَقَدْ جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنٰتِ ثُمَّ اِنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ بَعْدَ ذٰلِكَ فِى الْاَرْضِ لَمُسْرِفُوْنَ (٣٢)

surat 4 An Nisa' ayat 114

لَّا خَيْرَ فِى كَثِيرٍ مِّنْ نَّجْوٰىهُمْ إِلَّا مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلٰحٍۢ بَيْنَ النَّاسِ  ۚ وَمَنْ يَفْعَلْ ذٰلِكَ ابْتِغَآءَ مَرْضَاتِ اللَّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْرًا عَظِيمًا

surat 3 Āli 'Imrān ayat 104

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

*

klik nasehat

klik emak

*

Senin, 18 Juni 2018

pembangkit listrik tenaga angin buatan vortex

RANCANG BANGUN PROTOTIPE VORTECH (VORTEX TECHNOLOGY) SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA VORTEKS UNTUK KEMANDIRIAN PENERANGAN JEMBATAN SURAMADU. 

sumber : riset gate


Mohamad Felayati, Frengki & Ghofur, Abdul & Junianto, Sony & Akbar Wiradhika, Rizky. (2013). Energy problem is one issue that is important for all developing countries and has advanced. 

Therefore, the problem of electrical energy to Suramadu today, with a high operational costs and the use of fossil fuels as a fuel generator, also saw the potential of nature that exist around Suramadu, then offered a solution to create independence in Suramadu lighting with a vortex energy based tools. 

The purpose of the program design is to create a Vortech Vortech as a prototype power plant in the vortex for illumination independence Suramadu Bridge.


Pembangkit Listrik Tenaga Angin Tanpa Baling-baling

Penulis: Bayu Probo

Selasa, 19 Mei 2015 jam 11:26 WIB

sumber : satu harapan

Para ilmuwan berharap sangat untuk mengurangi biaya energi angin dengan menghapus baling-baling dari ladang pembangkit listrik tenaga angin.

Mereka mengambil keuntungan dari fenomena khusus untuk menyebabkan turbin untuk keras mengguncang. Vortex, sebuah perusahaan startup dari Spanyol, telah mengembangkan pembangkit listrik tanpa baling-baling. Bentuknya, tiang putih menonjol keluar dari tanah, yang dibangun sehingga mereka dapat berosilasi. Mereka melakukannya sebagai akibat dari cara angin melecut sekitar mereka, menggunakan sebuah fenomena yang dihindari para arsitek saat merancang bangunan. Fenomena vortex yang membuat tongkat goyang.

Mereka memanfaatkan vortex—dari situ perusahaan mendapatkan nama. Turbin tanpa baling-baling menggunakan magnet khusus untuk memastikan bahwa turbin dioptimalkan untuk mengguncang tongkat-tongkat itu oleh angin dalam kecepatan apa pun.

Dengan metode ini, biaya yang diperlukan untuk menghasilkan listrik sekitar 40 persen lebih murah daripada pembangkit listrik berbaling-baling seperti yang digunakan saat ini, klaim Vortex. Biaya pembuatan turbin akan lebih murah, karena baling-baling sangat mahal, dan pemeliharaan akan lebih murah karena ada bagian yang bergerak lebih sedikit.

Perusahaan juga mengatakan bahwa desain baru ini akan memungkinkan lebih banyak pembangkit listrik yang dapat dipasang di ruang yang sama. Mereka juga akan jauh lebih tenang, menghindari gangguan angin yang menyebabkan baling-baling rusak.

Generator Vortex mengirit energi sekitar 30 persen dibandingkan dengan baling-baling, perusahaan mengatakan Wires.

Perusahaan berharap bahwa model mini setinggi 12 meter akan tersedia tahun depan, dan salah satu yang lebih besar akan dirilis pada tahun 2018. (independent.co.uk)



Ajaib, Pembangkit Listrik Tenaga Angin Tanpa Baling-baling

Penulis : Alexander Lumbantobing

22 Mei 2015, 21:06 WIB

sumber : liputan 6

Sebuah perusahaan pembangkit listrik membuat inovasi terbaru dengan pembangkit listrik tenaga angin tanpa menggunakan baling-baling sebagai penggerak pembangkit listriknya. Gagasan awalnya didapat dari kejadian terpaan angin yang membangkitkan osilasi pada benda padat yang diterpanya.

Batangan penangkap gerakan osilasi dirancang untuk bergerak menurut osilasi terpaan angin tersebut. Daya listrik dibangkitkan dari pola berulang gelung udara, dikenal sebagai jalanan gelung Karman, yang terjadi ketika angin menabrak benda padat.

"Dengan rancangan seperti ini, pembangkit listriknya tidak memakan banyak ruang dan bekerja hampir senyap," tulis vortexfdc.com, seperti dikutip pada Jumat (22/5/2015).

Bukan hanya itu, ada sejumlah permasalahan yang dihindari dibandingkan dengan pembangkit listrik berbaling-baling, misalnya bahaya baling-baling bagi satwa dan suara baling-baling yang berisik. Perusahaan Vortex menggunakan batangan osilasi untuk menggerakkan rangkaian magnet di dekat dasar batang untuk membangkitkan listriknya.

Walaupun daya guna pembangkitan listriknya masih lebih rendah daripada daya guna pembangkit berbaling-baling, Vortex lebih berdaya guna hingga 80% dalam hal pengeluaran biaya pembangkitan listrik karena memiliki lebih sedikit komponen yang bergerak. Jejak karbon alat ini juga 40% lebih rendah.

Model pertama yang tersedia secara komersial dinamai 'Mini' dengan daya 4 kW setinggi 12,5 meter yang diperuntukan bagi perumahan dan penerapan komersial kecil. Model yang lebih besar, Gran, dirancang untuk menghasilkan lebih dari 1 MW untuk pembangkit listrik skala besar bagi kalangan industri dan perusahaan listrik.

Bagaimana cara kerja pembangkit tenaga angin tanpa baling-baling tersebut? Simak dalam video di bawah ini. (Alx/Ans)

Tidak ada komentar: